Rabu, 11 Maret 2009

Safe Practice Penggunaan Tabung LPG

PETUNJUK PENGGUNAAN GAS ELPIJI

Apa Yang Harus Dipersiapkan
1. Ruangan harus mempunyai sirkulasi udara yang baik, disarankan untuk membuat ventilasi udara dibagian bawah dekat lantai ruangan. Letakkan kompor dibagian yang datar dan jauh dari bahan yang mudah terbakar.
2. Eratkan klem pada kedua ujung selang sebelum memasang regulator pada tabung Elpiji. Posisi tabung elpiji harus berdiri tegak dan terhindar dari sinar matahari. Pastikan pemutar atau tombol kompor harus dalam posisi mati (off) saat menghubungkan kompor dengan tabung Elpiji.



Bagaimana Pemasangan Peralatan
1. Lepaskan segel plastik terlebih dahulu
2. Selanjutnya pasang regulator pada katub tabung Elpiji
3. Setelah regulator terpasang, putar knopnya searah jarum jam sebesar 90 derajat hingga posisi horizontal. Pastikan regulator tidak kendur atau dapat terlepas.
4. Kemudian putar knop regulator searah jarum jam sebesar 90 derajat hingga posisi vertikal agar gas elpiji mengalir ke kompor. Periksa tabung dan kompor sebelum menggunakan. Selang harus terhindar dari panas dan tidak boleh tertindih. Bila ada kebocoran gas, bau khas gas elpiji akan tercium.



Bagaimana Penggunaan Yang Baik
1. Putar knop kompor berlawanan arah jarum jam untuk menyalakan pemantik api dan atur posisi knop untuk mengatur nyala api sesuai kebutuhan.
2. Atur aliran udara hingga nyala api berwarna biru.
3. Hindarkan tertumpahnya bahan yang dimasak ke dalam kompor.
4. Setelah selesai memasak, untuk mematikan api, putar knop kompor searah jarum jam sampai posisi mati (off)



Jika Gas Elpiji Habis
1. Jika gas Elpiji habis, ditandai dengan api tidak dapat menyala meskipun knop kompor telah diputar untuk menyalakan pemantik api dan tabung menjadi ringan.
2. a. Lepaskan regulator dan tabung gas elpiji kosong dengan memutar knop berlawanan arah jarum jam
b. Pasang kembali regulator pada tabung yang berisi penuh.
3. Tukarkan tabung yang kosong dengan tabung gas elpiji yang berisi penuh di agen atau penjual gas elpiji. Anda hanya perlu membayarkan isi gas elpiji. Pastikan tabung gas elpiji dalam keadaan baik dan tersegel. Jika tabung gas bocor atau segel rusak, segera tukarkan ke tempat anda membelinya.
4. Berat tabung yang penuh harus sesuai jumlah berat tabung kosong ditambah berat isi gas elpiji. Informasi berat kosong dan isi gas elpiji tertera pada tabung elpiji.



Jika terjadi Kebocoran / Kebakaran
Jika Terjadi Kebocoran

1. Bau khas gas elpiji tercium menyengat jika ada kebocoran. Lepaskan regulator, bawa tabung keluar ruangan dan letakkan di tempat terbuka. Jangan menyalakan api atau menghidupkan listrik.
2. Bawa tabung gas elpiji ke agen atau penjual gas elpiji.



Apabila Terjadi Kebakaran
1. Jika memungkinkan, lepaskan regulator dari tabung gas elpiji dan segera bawa tabung gas dan tabung cadangan lainnya ke tempat yang jauh dari lokasi kebakaran.
2. Segera padamkan api dengan menutup nyala api menggunakan karung goni basah atau padamkan dengan pemadam CO2 atau dry chemical.



Demikian yang dapat kami sampaikan.



Terima kasih


CONTACT PERTAMINA

PSTN : 500 000 (All cities in Indonesia)

HP : 62-21-7917 3000

SMS : 62-21-7111 3000

Fax : 62-21-7972 177

ICK



Tidak ada komentar: